Sistem Informasi Enterprise "Pelayanan Customer di Kedai Ngopi Doeloe"
BAB I
PEMAHAMAN
1.1
Strategic Plainning for Information
Technology
Pergerakan bisnis yang sekarang dan yang
akan datang selalu tidak memuaskan keuntungannya.Di era informasi
hiper-kompetitif, keuntungan bisnis setara dengan penggunaan superior dan novel
teknologi informasi. Munculnya perusahaan digital dimana perusahaan menjadi
bagian dari rantai nilai intermediated elektronik melalui adanya e-business. Di
era informasi penggunaan Teknologi informasi menjadi unsur utama meningkatnya
aneka bisnis. Teknologi informasi merupakan aset penting bagi perusahaan dalam
membangun sistem informasi bisnis.
Teknologi informasi adalah persiapan,
pengumpulan, transport, pengembalian, penyimpanan, akses, penyajian, dan
perubahan informasi dalam segala bentuk baik suara, gambar, teks, dan video,.
Pergerakan inforormasi dapat dilakukan antara manusia dengan manusia, manusia
dan mesin atau antara mesin dengan mesin. Untuk menghasilkan bisnis yang
terbaik diperlukan manajemen informasi yang tepat baik itu dari segi penyebaran
informasinya, administrasi, operasi, pemeliharaan dan evolusi aset TI sesuai
dengan tujuan dan sasaran dari organisasi.
Teknologi informasi mampu menjadi
mekanisme penting untuk menurunkan biaya, menekan waktu pemasaran, memberikan
nilai tambah bagi customer maupun organisasinya. Untuk itu teknologi informasi
sangat dibutuhkan dalam bisnis.
BAB II
ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah
metode perencanaan
strategis yang digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau
suatu spekulasi bisnis. Berikut ini
analisis SWOT pada Kedai Ngopdoel :
1)
Kekuatan (strengths)
Kekuatan merupakan modal utama dalam menjalankan
enterprise .
-
Menyediakan fasilitas yang nyaman sepeti sofa
-
Memiliki desain bangunan yang unik
-
Memiliki beberapa cabang
-
Inovasi produk yang unik
2)
Kelemahan (weaknesses)
Kelemahan merupakan keadaan yang membuat lemah sebuah enterprise
-
Harga produk yang mahal
-
Produk yang disajikan hampir sama dengan produk yang ada di tempat
lain
-
Segmentasi pasar yang mayoritas hanya ditujukan untuk kalangan anak
muda
3)
Peluang (opportunities)
Peluang adalah hal-hal yang bisa digunakan sebagai nilai
tambah dan kesempatan baru bagi suatu
enterprise.
-
Menawarkan disain bangunan yang unik sehingga bisa menarik minat
orang untuk datang ke Kedai Ngopdoel
-
Tempat yang strategis
4) Ancaman (threats)
Ancaman merupakan sesuatu yang mengancam
keberadaan enterprise.
- Banyaknya kedai yang konsepnya sama dengan
Ngopdoel
-
Makanan yang ditawarkan kurang lebih sama dengan yang ada di kedai
lain.
BAB III
EKSPLORASI BISNIS
3.1 Nama
Enterprise
Dalam pengekplorasian
bisnis, kami memilih enterpras yang bernama Kedai Ngopi Doeloe.
3.2 Definisi Bisnis
Bisnis Ngopi Doeloe merupakan sebuah coffe shop dengan konsep
bangunan yang unik dan berbeda di setiap outletnya dan dilengkapi fasilitas
seperti sofa yang nyaman, televisi, live accoustic, free hostpot dan VIP room.
3.3 Produk/Layanan
Produk yang dihasilakan oleh pelayanan
di Kedai Ngopi Doeloe adalah produk dan
jasa . Adapun produk diantaranya makanan dan minuman yang lezat seperti Tropical Fruit Salad, Banana Pizza, Roasted
Chicken dll. Sedangkan untuk minumanya
seperti ice Monkey, Coffee Legois. Dari
segi layanan jasa yaitu penyewaan fasilatas seperti ruang VIP dan live accoustic yang menerima request lagu.
3.4 Target Konsumen Produk
Konsumen produk merupakan orang yang menerima dan memakai
produk/jasa. Target konsumen Kedai
Ngopdoeloe yaitu semua kalangan khusunya anak muda yang datang dan membeli
produk di Kedai Ngopdoel.
3.5 Bidang Bisnis
Bidang bisnis merupakan sektor yang dihasilkan dari bisnis dalam
suatu organisasi. Berikut ini merupakan bidang bisnis dari Ngopdoel :
1)
Menyediakan produk berupa makanan dan minuman yang lezat
2)
Menyediakan layanan berupa penyewakan fasilitas berupa ruangan VIP
3.6 Penggerak Bisnis
Penggerak bisnis merupakan pemicu dari bergeraknya sebuah bisnis
dalam suatu organisasi. Berikut adalah penggerak bisnis dari Ngopdoel :
1)
Mempunyai fasilitas yang nyaman.
2)
Desain bangunan yang unik.
3)
Menyediakan live accoustic.
3.7
Functional Area
Functional area adalah kelompok/individu
di dalam organisasi yang menjalankan
proses bisnis. Pada Kedai ngopdoel
mempunyai functional area serta proses bisnis dalam nenunjang berjalannya
ativitas bisnis Ngopdoel. Diantaranya sebagai berikut :
Tabel 3. 1 Functional
Area
No
|
Functional area
|
Penjelasan
|
1
|
Bagian Produksi
|
Bagian ini merupakan bagian
yang memproduksi produk seperti makanan dan minuman.
|
2
|
Bagian pengadaan bahan baku
|
Bagian ini merupakan bagian
yang mengadakan semua bahan baku seperti kopi, bahan makanan, dan bahan baku
lainnya.
|
3
|
Bagian pemasaran
|
Bagian ini merupakan bagian
yang memasarkan produk dan mempromosikan produk.
|
4
|
Bagian keuangan
|
Bagian ini merupakan bagian
yang mengelola keuangan seperti mengelola pemasukan dan pengeluaran.
|
5
|
Bagian Fasilitas
|
Bagian ini merupakan bagian
yang menangani masalah fasilitas. Misalnya, menyiapkan fasilitas yang akan
disewa dan memperbaharui fasilitas.
|
3.8 Business
Process
Proses bisnis adalah
suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk
menyelesaikan suatu masalah tertentu
atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Berikut ini merupakan proses bisnis yang ada di Kedai Ngopi doeloe.
Tabel 3. 2 Business
Process
No
|
Bagian
|
Proses Bisnis
|
1
|
Bagian Produksi
|
Pembuatan produk
|
2
|
Bagian pengadaan
bahan baku
|
- Pembuatan daftar kebutuhan bahan baku
- Penetapan kebutuhan bahan baku
- Pengadaan bahan baku
|
3
|
Bagian pemasaran
|
-
Promosi produk
-
Pengidentfikasi
kebutahan konsumen
- Pengidentifikasi
target pemasaran,
- Melakukan
inovasi pemasaran.
|
4
|
Bagian keuangan
|
-
Pengelolaan
pemasukan
-
Pengelolaan
pemasukan
-
Pembuatan laporan
keuangan
|
5
|
Bagian Fasilitas
|
-
Penyewaan
fasilitas
-
Pembaharuan
fasilitas
|
3.9
Partisipan Perusahan
Partisipan perusahaan
adalah orang yang ikut berperan di dalam sebuah perusahaan. Partisipan yang
menjalankan berbagai proses bisnis yang terdapat di kedai ngopdoel diantaranya seluruh karyawan ngopdoel
yaitu koki/ chef, manager, sekretaris,
bagian keuangan, owner, kasir, pelayan
dan seluruh karyawan yang terlibat di dalam proses bisnis yang ada di kedai Ngopdoel.
3.10
Penggunaan Teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan
dan kenyamanan hidup manusia. Berikut ini adalah penggunaan teknologi yang
digunakan di Ngopdoel :
1)
Teknologi internet yang digunakan sebagai alat
promosi produk.
2)
Teknologi untuk menampilkan harga dari setiap
menu.
3.11
Pemanfaatan Teknologi
Pemanfaatan teknologi adalah cara untuk
memanfaatkan teknologi yang ditujukan untuk kenyamanan hidup manusia. Berikut
ini adalah pemanfaatan teknologi yang ada di Ngopdoel :
1)
Pemanfaatan teknologi internet dengan cara membuat website dan media
sosial untuk promosi dan info produk.
2) Pemanfaatan teknologi di
kasir pembayaran dimana semua menu yang dipesan melalui layar LCD.
3.12
Kompetensi Bisnis dan Kemampuan Bersaing
Kompetensi bisnis adalah kemampuan
sebuah enterprise dalam meningkatkan pelayanan bisnis untuk customer.
Kompetensi bisnis yang ada di Ngopdoel adalah dapat dilihat dari segi bangunan
yang memiliki desain bangunan yang unik sehingga menarik minat customer untuk datang.
3.13
Konsep pemasaran pada bisnis yang
bersangkutan
Konsep
pemasaran adalah ide untuk memasarka produk. Konsep pemasaran yang dipakai oleh Kedai Ngopdoel adalah B2C
(Business-to-Customer) dengan mengandalkan promosi dari perusahaan melalui
media elektronik maupun cetak agar produk yang dijual dapat dibeli oleh masyarakat. Misalnya melalui website
www.ngopidoeloe.com untuk mempromosikan produk.
3.14 Budaya Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis.
Sebagai perusahaan yang telah berdiri dari tahun 2006 . Ngopdoel
menjalankan bisnis dalam segi pelayanan yang ramah tamah dan antar karyawan
yang memiliki hubungan kekeluargaan.
3.15
Proses Kritis Pada Bisnis
Proses
kritis merupakan suatu proses/ aktivitas
yang jika pada proses kritis tersebut
tidak terjadi apa apa maka Ngopdoel
akan mengalami kesulitan untuk menjalankan bisnis pelayanan customer di Kedai Ngopi Doeloe. Adapun proses
kritis yang ada di Ngopdoel yaitu proses pengadaan bahan baku dimana saat
proses pengadaan bahan baku maka proses selanjutnya tidak bisa dijalankan dan
bisnisnya pun tidak bisa dijalankan.
3.16
Bentuk Relasi Dengan Partner
Dalam rangka
menjalankan dan mengembangkan bisnis. Selain berhubungan dengan
konsumen. Kedai Ngopdoel menjalin sebuah hubungan berupa Relasi dengan Partner
seperti Pemasok, Pengguna, mitra kerja dan regulator. Dalam enterprise ini
kedai Ngopdoel belum memiliki partner.
3.17
Kolaborasi internal Bisnis
Untuk
kolaborasi internal kemungkinan ada, dimana divisi-divisi tertentu seperti divisi
pengadaan bahan baku bekerja sama dengan divisi produksi untuk mengelola bahan
baku yang diuabh menjadi produk, lalu divisi produksi dengan divisi pemasaran
dimana produk yang ada dipasarkan agar laku di masyarakat.
BAB
IV
INFORMASI KEGIATAN BISNIS
4.1
Identifikasi Informasi
Bisnis ngopi doeloe memberikan beberapa
informasi yang bisa diketahui oleh konsumen dimana dari informasi ini konsumen
dapat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh bisnis ngopi doeloe. Informasi
yang dapat diketahui oleh konsumen antara lain berbagai macam menu yang
ditawarkan di ngopi doeloe dimana menu yang terdiri dari makanan dan minuman
yang dikemas secara unik dari segi nama makanan dan minuman yang ditujukan
untuk menarik minat orang yang berkunjung maupun yang baru mendengarnya.
Kemudian menu baru yang ada di ngopi doeloe yang selalu ditawarkan dalam
rentang waktu tertentu atau dalam moment tertentu yang bertujuan untuk menambah
minat pengunjung yang datang. Lalu informasi cabang dari ngopi doeloe yang saat
ini tidak hanya ada di satu kota saja, namun ada di beberapa tempat di kota
lain yang bertujuan untuk mempermudah akses untuk mengunjungi kedai ngopi
doeloe. Selanjutnya yaitu fasilitas di ngopi doeloe sendiri yang tidak hanya
menawarkan makanan dan minuman saja namun menawarkan hal lain yang tak kalah
bagus, yaitu fasilitas hiburan berupa musik live accoustic untuk menambah
kenyamanan dari suasana yang ada, sofa yang nyaman, free hotspot yang dimana
tujuannya untuk menambah kenyamanan dan membuat betah pengunjung dan ingin
berlama-lama disana.
Disediakan pula informasi apabila
pengunjung ingin menyampaikan kritik dan saran mengenai ngopi doeloe dimana
pihak ngopi doeloe menyediakan fitur call us yang terhubung dengan kantor pusat
di salah satu tempat di kota Bandung. Untuk informasi di dalam kedai Ngopi
Doeloe sendiri yaitu informasi mengenai bahan baku yang masih tersedia dan
bahan baku yang harus dibeli sesuai kebutuhannya sehingga tidak mengalami
kekurangan bahan baku saat pembuatan makanan dan minuman yang ada di menu serta
makanan dan minuman yang menjadi menu baru di ngopi doeloe.
Komentar
Posting Komentar