Sistem Informasi Enterprise "Pelayanan Customer di Kedai Ngopi Doeloe"

BAB  I  

PEMAHAMAN


1.1 Strategic Plainning  for Information Technology

Pergerakan bisnis yang sekarang dan yang akan datang selalu tidak memuaskan keuntungannya.Di era informasi hiper-kompetitif, keuntungan bisnis setara dengan penggunaan superior dan novel teknologi informasi. Munculnya perusahaan digital dimana perusahaan menjadi bagian dari rantai nilai intermediated elektronik melalui adanya e-business. Di era informasi penggunaan Teknologi informasi menjadi unsur utama meningkatnya aneka bisnis. Teknologi informasi merupakan aset penting bagi perusahaan dalam membangun sistem informasi bisnis.
Teknologi informasi adalah persiapan, pengumpulan, transport, pengembalian, penyimpanan, akses, penyajian, dan perubahan informasi dalam segala bentuk baik suara, gambar, teks, dan video,. Pergerakan inforormasi dapat dilakukan antara manusia dengan manusia, manusia dan mesin atau antara mesin dengan mesin. Untuk menghasilkan bisnis yang terbaik diperlukan manajemen informasi yang tepat baik itu dari segi penyebaran informasinya, administrasi, operasi, pemeliharaan dan evolusi aset TI sesuai dengan tujuan dan sasaran dari organisasi.
Teknologi informasi mampu menjadi mekanisme penting untuk menurunkan biaya, menekan waktu pemasaran, memberikan nilai tambah bagi customer maupun organisasinya. Untuk itu teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam bisnis.

BAB  II  

ANALISIS  SWOT


Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.  Berikut ini analisis SWOT  pada Kedai Ngopdoel :
1)      Kekuatan (strengths)
Kekuatan merupakan modal utama dalam menjalankan enterprise .
-       Menyediakan fasilitas yang nyaman sepeti sofa
-       Memiliki desain bangunan yang unik
-       Memiliki beberapa cabang
-       Inovasi produk yang unik
2)      Kelemahan (weaknesses)
Kelemahan merupakan keadaan yang membuat lemah sebuah enterprise
-       Harga produk yang  mahal
-       Produk yang disajikan hampir sama dengan produk yang ada di tempat lain
-       Segmentasi pasar yang  mayoritas hanya ditujukan untuk kalangan anak muda
3)      Peluang (opportunities)
Peluang adalah  hal-hal yang bisa digunakan sebagai nilai tambah dan kesempatan baru  bagi suatu enterprise.
-       Menawarkan disain bangunan yang unik sehingga bisa menarik minat orang untuk datang ke Kedai Ngopdoel
-       Tempat yang strategis
4)      Ancaman (threats) 
Ancaman merupakan sesuatu yang mengancam  keberadaan enterprise.
-       Banyaknya kedai yang konsepnya sama dengan Ngopdoel
-       Makanan yang ditawarkan kurang lebih sama dengan yang ada di kedai lain.

BAB  III  

EKSPLORASI BISNIS

3.1 Nama Enterprise

Dalam pengekplorasian bisnis, kami memilih enterpras yang bernama Kedai Ngopi Doeloe.

3.2 Definisi Bisnis

Bisnis Ngopi Doeloe merupakan sebuah coffe shop dengan konsep bangunan yang unik dan berbeda di setiap outletnya dan dilengkapi fasilitas seperti sofa yang nyaman, televisi, live accoustic, free hostpot dan VIP room.

3.3 Produk/Layanan

Produk yang dihasilakan oleh pelayanan di Kedai Ngopi Doeloe adalah  produk dan jasa . Adapun produk diantaranya makanan dan minuman yang lezat seperti  Tropical Fruit Salad, Banana Pizza, Roasted Chicken dll.  Sedangkan untuk minumanya seperti ice  Monkey, Coffee Legois. Dari segi layanan jasa yaitu penyewaan fasilatas seperti ruang VIP dan live accoustic yang menerima request lagu.

3.4 Target  Konsumen Produk

Konsumen produk merupakan orang yang menerima dan memakai produk/jasa. Target konsumen  Kedai Ngopdoeloe yaitu semua kalangan khusunya anak muda yang datang dan membeli produk di Kedai Ngopdoel.

3.5 Bidang Bisnis

Bidang bisnis merupakan sektor yang dihasilkan dari bisnis dalam suatu organisasi. Berikut ini merupakan bidang bisnis dari Ngopdoel :
1)      Menyediakan produk berupa makanan dan minuman yang lezat
2)      Menyediakan layanan berupa penyewakan fasilitas berupa ruangan VIP

3.6  Penggerak Bisnis

Penggerak bisnis merupakan pemicu dari bergeraknya sebuah bisnis dalam suatu organisasi. Berikut adalah penggerak bisnis dari Ngopdoel :
1)      Mempunyai fasilitas yang nyaman.
2)      Desain bangunan yang unik.
3)      Menyediakan live accoustic.

3.7 Functional Area

Functional area adalah kelompok/individu di dalam organisasi  yang menjalankan proses bisnis. Pada Kedai ngopdoel mempunyai functional area serta proses bisnis dalam nenunjang berjalannya ativitas bisnis Ngopdoel. Diantaranya sebagai berikut :
Tabel 3. 1 Functional Area
No
Functional area
Penjelasan
1
Bagian Produksi
Bagian ini merupakan bagian yang memproduksi produk seperti makanan dan minuman.
2
Bagian pengadaan bahan baku
Bagian ini merupakan bagian yang mengadakan semua bahan baku seperti kopi, bahan makanan, dan bahan baku lainnya.
3
Bagian pemasaran
Bagian ini merupakan bagian yang memasarkan produk dan mempromosikan produk.
4
Bagian keuangan
Bagian ini merupakan bagian yang mengelola keuangan seperti mengelola pemasukan dan pengeluaran.
5
Bagian Fasilitas
Bagian ini merupakan bagian yang menangani masalah fasilitas. Misalnya, menyiapkan fasilitas yang akan disewa dan memperbaharui fasilitas.

3.8 Business Process

Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Berikut ini merupakan proses bisnis yang ada di Kedai Ngopi doeloe.

Tabel 3. 2 Business Process
No
Bagian
Proses Bisnis
1
Bagian Produksi
Pembuatan  produk
2
Bagian pengadaan bahan baku
-       Pembuatan daftar kebutuhan  bahan baku
-       Penetapan kebutuhan bahan baku
-       Pengadaan bahan baku
3
Bagian pemasaran
-          Promosi produk
-          Pengidentfikasi kebutahan konsumen
-        Pengidentifikasi target pemasaran,
-       Melakukan  inovasi pemasaran.
4
Bagian keuangan
-          Pengelolaan pemasukan
-          Pengelolaan pemasukan
-          Pembuatan laporan keuangan
5
Bagian Fasilitas
-          Penyewaan fasilitas
-          Pembaharuan fasilitas

3.9 Partisipan  Perusahan

Partisipan perusahaan adalah orang yang ikut berperan di dalam sebuah perusahaan. Partisipan yang menjalankan berbagai proses bisnis yang terdapat di kedai ngopdoel  diantaranya seluruh karyawan ngopdoel yaitu  koki/ chef, manager, sekretaris, bagian  keuangan, owner, kasir, pelayan dan seluruh karyawan yang terlibat di dalam proses  bisnis yang ada di kedai Ngopdoel.

3.10 Penggunaan Teknologi

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Berikut ini adalah penggunaan teknologi yang digunakan di Ngopdoel :
1)      Teknologi internet yang digunakan sebagai alat promosi produk.
2)      Teknologi untuk menampilkan harga dari setiap menu.

3.11  Pemanfaatan Teknologi

Pemanfaatan teknologi adalah cara untuk memanfaatkan teknologi yang ditujukan untuk kenyamanan hidup manusia. Berikut ini adalah pemanfaatan teknologi yang ada di Ngopdoel :
1)      Pemanfaatan teknologi internet dengan cara membuat website dan media sosial untuk promosi dan info produk.
2)      Pemanfaatan teknologi di kasir pembayaran dimana semua menu yang dipesan melalui layar LCD.

3.12 Kompetensi  Bisnis dan Kemampuan  Bersaing

Kompetensi bisnis adalah kemampuan sebuah enterprise dalam meningkatkan pelayanan bisnis untuk customer. Kompetensi bisnis yang ada di Ngopdoel adalah dapat dilihat dari segi bangunan yang memiliki desain bangunan yang unik sehingga menarik minat  customer untuk datang.

3.13  Konsep pemasaran pada bisnis yang bersangkutan

Konsep pemasaran adalah ide untuk memasarka produk. Konsep pemasaran yang dipakai  oleh Kedai Ngopdoel adalah B2C (Business-to-Customer) dengan mengandalkan promosi dari perusahaan melalui media elektronik maupun cetak agar produk yang dijual dapat dibeli oleh  masyarakat. Misalnya melalui website www.ngopidoeloe.com untuk mempromosikan produk.

3.14 Budaya Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis.

Sebagai perusahaan yang telah berdiri dari tahun 2006 . Ngopdoel menjalankan bisnis dalam segi pelayanan yang ramah tamah dan antar karyawan yang memiliki hubungan kekeluargaan.

3.15 Proses Kritis Pada Bisnis

Proses kritis  merupakan suatu proses/ aktivitas yang jika pada proses kritis tersebut  tidak terjadi apa apa maka Ngopdoel  akan mengalami kesulitan untuk menjalankan bisnis pelayanan  customer di Kedai Ngopi Doeloe. Adapun proses kritis yang ada di Ngopdoel yaitu proses pengadaan bahan baku dimana saat proses pengadaan bahan baku maka proses selanjutnya tidak bisa dijalankan dan bisnisnya pun tidak bisa dijalankan.

3.16 Bentuk Relasi Dengan Partner

Dalam rangka  menjalankan dan mengembangkan bisnis. Selain berhubungan dengan konsumen. Kedai Ngopdoel  menjalin  sebuah hubungan berupa Relasi dengan Partner seperti Pemasok, Pengguna, mitra kerja dan regulator. Dalam enterprise ini kedai Ngopdoel belum memiliki partner.

3.17 Kolaborasi internal Bisnis

Untuk kolaborasi internal kemungkinan ada, dimana divisi-divisi tertentu seperti divisi pengadaan bahan baku bekerja sama dengan divisi produksi untuk mengelola bahan baku yang diuabh menjadi produk, lalu divisi produksi dengan divisi pemasaran dimana produk yang ada dipasarkan agar laku di masyarakat.


           BAB  IV  

INFORMASI KEGIATAN BISNIS


4.1 Identifikasi Informasi

Bisnis ngopi doeloe memberikan beberapa informasi yang bisa diketahui oleh konsumen dimana dari informasi ini konsumen dapat mengetahui apa saja yang dilakukan oleh bisnis ngopi doeloe. Informasi yang dapat diketahui oleh konsumen antara lain berbagai macam menu yang ditawarkan di ngopi doeloe dimana menu yang terdiri dari makanan dan minuman yang dikemas secara unik dari segi nama makanan dan minuman yang ditujukan untuk menarik minat orang yang berkunjung maupun yang baru mendengarnya. Kemudian menu baru yang ada di ngopi doeloe yang selalu ditawarkan dalam rentang waktu tertentu atau dalam moment tertentu yang bertujuan untuk menambah minat pengunjung yang datang. Lalu informasi cabang dari ngopi doeloe yang saat ini tidak hanya ada di satu kota saja, namun ada di beberapa tempat di kota lain yang bertujuan untuk mempermudah akses untuk mengunjungi kedai ngopi doeloe. Selanjutnya yaitu fasilitas di ngopi doeloe sendiri yang tidak hanya menawarkan makanan dan minuman saja namun menawarkan hal lain yang tak kalah bagus, yaitu fasilitas hiburan berupa musik live accoustic untuk menambah kenyamanan dari suasana yang ada, sofa yang nyaman, free hotspot yang dimana tujuannya untuk menambah kenyamanan dan membuat betah pengunjung dan ingin berlama-lama disana.

Disediakan pula informasi apabila pengunjung ingin menyampaikan kritik dan saran mengenai ngopi doeloe dimana pihak ngopi doeloe menyediakan fitur call us yang terhubung dengan kantor pusat di salah satu tempat di kota Bandung. Untuk informasi di dalam kedai Ngopi Doeloe sendiri yaitu informasi mengenai bahan baku yang masih tersedia dan bahan baku yang harus dibeli sesuai kebutuhannya sehingga tidak mengalami kekurangan bahan baku saat pembuatan makanan dan minuman yang ada di menu serta makanan dan minuman yang menjadi menu baru di ngopi doeloe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lelah menjadi Lillah

Tugas Eksplorasi Sistem Informasi Enterprise

Dear Calon Ibu Mertua