Tugas Eksplorasi Sistem Informasi Enterprise
Kali ini saya akan membagi pengalaman mengerjakanTugas Besar salah mata kuliah favorit saya yaitu Sistem Informasi Enterprise. Langsung saja yah saya share nih.
Mata Kuliah : Sistem Informasi Enterprise
Dosen : Dr. Ir. Husni S. Sastramihardja, M.T
Pembimbing : Anggoro Ari Nurcahyo, ST, M.Kom
Judul : “ Sistem Informasi Enterprise Pelayanan Customer di Kedai Ngopi Doeloe”
Oleh : Yeslida Islamiyah dan Taufiq Hidayat
BAGIAN I
PEMAHAMAN
1.1 Strategic Planning for Information Technology
Pergerakan bisnis yang sekarang dan yang akan datang
selalu tidak memuaskan keuntungannya.Di era informasi hiper-kompetitif,
keuntungan bisnis setara dengan penggunaan superior dan novel teknologi informasi.
Munculnya perusahaan digital dimana perusahaan menjadi bagian dari rantai nilai
intermediated elektronik melalui adanya e-business. Di era informasi penggunaan
Teknologi informasi menjadi unsur utama meningkatnya aneka bisnis. Teknologi
informasi merupakan aset penting bagi perusahaan dalam membangun sistem
informasi bisnis.
Teknologi informasi adalah persiapan, pengumpulan,
transport, pengembalian, penyimpanan, akses, penyajian, dan perubahan informasi
dalam segala bentuk baik suara, gambar, teks, dan video,. Pergerakan
inforormasi dapat dilakukan antara manusia dengan manusia, manusia dan mesin
atau antara mesin dengan mesin. Untuk menghasilkan bisnis yang terbaik
diperlukan manajemen informasi yang tepat baik itu dari segi penyebaran informasinya,
administrasi, operasi, pemeliharaan dan evolusi aset TI sesuai dengan tujuan
dan sasaran dari organisasi.
Teknologi informasi mampu menjadi mekanisme penting
untuk menurunkan biaya, menekan waktu pemasaran, memberikan nilai tambah bagi
customer maupun organisasinya. Untuk itu teknologi informasi sangat dibutuhkan
dalam bisnis.
BAGIAN I I
ANALISIS SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang
digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Berikut ini analisis SWOT pada Kedai Ngopdoel :
1)
Kekuatan (strengths)
Kekuatan merupakan
modal utama dalam menjalankan enterprise .
-
Menyediakan fasilitas yang nyaman sepeti sofa
-
Memiliki desain bangunan yang unik
-
Memiliki beberapa cabang
-
Inovasi produk yang
unik
2)
Kelemahan (weaknesses)
Kelemahan merupakan keadaan yang membuat lemah
sebuah enterprise
-
Harga produk yang mahal
-
Produk yang disajikan
hampir sama dengan produk yang ada di tempat lain
-
Segmentasi pasar yang mayoritas hanya ditujukan untuk kalangan anak
muda
3)
Peluang (opportunities)
Peluang
adalah hal-hal yang bisa digunakan
sebagai nilai tambah dan kesempatan baru
bagi suatu enterprise.
-
Menawarkan disain
bangunan yang unik sehingga bisa menarik minat orang untuk datang ke Kedai
Ngopdoel
-
Tempat yang strategis
4) Ancaman (threats)
Ancaman merupakan sesuatu yang mengancam keberadaan enterprise.
- Banyaknya kedai yang konsepnya sama dengan Ngopdoel
-
Makanan yang ditawarkan
kurang lebih sama dengan yang ada di kedai lain.
BAGIAN III
EKSPLORASI BISNIS
3.1 Nama Enterprise
Dalam
pengekplorasian bisnis, kami memilih enterpras yang bernama Kedai Ngopi Doeloe.
3.2 Definisi Bisnis
Bisnis
Ngopi Doeloe merupakan sebuah coffe shop dengan konsep bangunan yang unik dan
berbeda di setiap outletnya dan dilengkapi fasilitas seperti sofa yang nyaman,
televisi, live accoustic, free hostpot dan VIP room.
3.3 Produk/Layanan
Produk yang dihasilakan oleh pelayanan di Kedai
Ngopi Doeloe adalah produk dan jasa .
Adapun produk diantaranya makanan dan minuman yang lezat seperti Tropical Fruit Salad, Banana Pizza, Roasted
Chicken dll. Sedangkan untuk minumanya
seperti ice Monkey, Coffee Legois. Dari
segi layanan jasa yaitu penyewaan fasilatas seperti ruang VIP dan live accoustic yang menerima request lagu.
3.4 Target Konsumen Produk
Konsumen produk merupakan orang yang menerima dan
memakai produk/jasa. Target konsumen Kedai Ngopdoeloe yaitu semua kalangan khusunya
anak muda yang datang dan membeli produk di Kedai Ngopdoel.
3.5 Bidang Bisnis
Bidang
bisnis merupakan sektor yang dihasilkan dari bisnis dalam suatu organisasi.
Berikut ini merupakan bidang bisnis dari Ngopdoel :
1) Menyediakan
produk berupa makanan dan minuman yang lezat
2) Menyediakan
layanan berupa penyewakan fasilitas berupa ruangan VIP
3.6 Penggerak Bisnis
Penggerak
bisnis merupakan pemicu dari bergeraknya sebuah bisnis dalam suatu organisasi.
Berikut adalah penggerak bisnis dari Ngopdoel :
1) Mempunyai
fasilitas yang nyaman.
2) Desain
bangunan yang unik.
3) Menyediakan
live accoustic.
3.7 Functional Area
Functional area adalah kelompok/individu di dalam
organisasi yang menjalankan proses
bisnis. Pada Kedai ngopdoel mempunyai
functional area serta proses bisnis dalam nenunjang berjalannya ativitas bisnis
Ngopdoel. Diantaranya sebagai berikut :
3.8 Business Process
Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur
yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi
meraih tujuan tertentu). Berikut ini merupakan
proses bisnis yang ada di Kedai Ngopi
Doeloe.
3.9 Deskripsi Business Process
Pada Bagian ini
akan di jelaskan deskripsi dari proses bisnis yang ada di Kedai Ngopdoel. Terdapat beberapa proses bisnis yang sesuai
dengan Functional Area yang terkait.
Proses Bisnis
|
Deskripsi
|
Mengembangkan
produk
|
Pada proses
bisnis ini produk yang telah dibuat dikembangkan lagi sesuai hasil evaluasi
produk yang telah terjual.
|
Pembuatan daftar kebutuhan bahan
baku
|
Pada proses bisnis
ini semua daftar kebutuhan bahan baku dilist
sesuai kebutuhan.
|
Penetapan kebutuhan bahan baku
|
Pada proses
bisnis ini semua daftar kebutuhan bahan baku ditetapkan sesuai dengan
kebutuhan yang akan ada di dalam proses produksi.
|
Menetapkan minat konsumen
|
Pada proses
bisnis ini menetapkan keinginan konsumen terhadap produk yang dihasilkan.
|
Mengidentifikasi
persaingan pasar
|
Pada proses
bisnis ini semua pesaing pasar yang bergerak di bidang yang sama
diidentifikasi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan
dari Kedai Ngopdoel.
|
Membuat inovasi pemasaran
|
Pada proses
bisnis ini mengembangkan cara pemasaran agar bisa lebih menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke
Ngopdoel.
|
Pembayaran
pajak
|
Pada proses
bisnis ini semua produk yang dibuat dikenakan pajak dan harus dibayar oleh
functional area yang terkait.
|
Menginvestasikan keuangan
|
Pada proses
bisnis pendapatan yang masuk diinvestasikan kedalam tabungan untuk keperluan perusahaan.
|
Pendanaan operasional
|
Pada proses
ini mendanai operasional yang dibutuhkan oleh perusahaan sesuai kebutuhan.
|
Menentukan
persyaratan perekrutan
|
Pada proses
bisnis ini menentukan
spesifikasi-spesifikasi persyaratan dalam perekrutan karyawan.
|
Merekrut
orang
|
Pada roses
bisnis ini perusahaan akan merekrut karyawan sesuai dengan persyaratan yang
telah ditetapkan.
|
Mengadakan pelatihan karyawan baru
|
Pada proses
bisnis ini menjelaskan tentang adanya
pelatihan yang diadakan oleh
perusahaan ditujukan untuk karyawan baru.
|
Pembayaran
karyawan
|
Pada proses bisnis
ini menjelaskan karyawan yang bekerja digaji sesuai standar yang telah
ditetapkan.
|
3.10 Partisipan Perusahan
Partisipan perusahaan adalah orang
yang ikut berperan di dalam sebuah perusahaan. Partisipan yang menjalankan
berbagai proses bisnis yang terdapat di kedai ngopdoel diantaranya seluruh karyawan ngopdoel
yaitu koki/ chef, manager, sekretaris,
bagian keuangan, owner, kasir, pelayan
dan seluruh karyawan yang terlibat di dalam proses bisnis yang ada di kedai Ngopdoel.
3.11 Penggunaan Teknologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg
diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Berikut ini adalah
penggunaan teknologi yang digunakan di Ngopdoel :
1)
Teknologi internet yang digunakan sebagai alat promosi produk.
2)
Teknologi untuk menampilkan harga dari setiap menu.
3.12 Pemanfaatan Teknologi
Pemanfaatan teknologi adalah cara untuk memanfaatkan
teknologi yang ditujukan untuk kenyamanan hidup manusia. Berikut ini adalah
pemanfaatan teknologi yang ada di Ngopdoel :
1) Pemanfaatan
teknologi internet dengan cara membuat website dan media sosial untuk promosi
dan info produk.
2)
Pemanfaatan teknologi
di kasir pembayaran dimana semua menu yang dipesan melalui layar LCD.
3.13 Kompetensi Bisnis dan Kemampuan Bersaing
Kompetensi bisnis adalah kemampuan sebuah enterprise
dalam meningkatkan pelayanan bisnis untuk customer. Kompetensi bisnis yang ada
di Ngopdoel adalah dapat dilihat dari segi bangunan yang memiliki desain
bangunan yang unik sehingga menarik minat
customer untuk datang.
3.14 Konsep pemasaran pada bisnis yang bersangkutan
Konsep pemasaran
adalah ide untuk memasarka produk. Konsep pemasaran yang dipakai oleh Kedai Ngopdoel adalah B2C
(Business-to-Customer) dengan mengandalkan promosi dari perusahaan melalui
media elektronik maupun cetak agar produk yang dijual dapat dibeli oleh masyarakat. Misalnya melalui website
www.ngopidoeloe.com untuk mempromosikan produk.
3.15 Budaya Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis.
Sebagai perusahaan yang telah berdiri dari tahun
2006 . Ngopdoel menjalankan bisnis dalam segi pelayanan yang ramah tamah dan
antar karyawan yang memiliki hubungan kekeluargaan.
3.16 Proses Kritis Pada
Bisnis
Proses
kritis merupakan suatu proses/ aktivitas
yang jika pada proses kritis tersebut tidak
terjadi apa apa maka Ngopdoel akan
mengalami kesulitan untuk menjalankan bisnis pelayanan customer di Kedai Ngopi Doeloe. Adapun proses
kritis yang ada di Ngopdoel yaitu proses pengadaan bahan baku dimana saat
proses pengadaan bahan baku maka proses selanjutnya tidak bisa dijalankan dan
bisnisnya pun tidak bisa dijalankan.
3.17 Bentuk Relasi Dengan Partner
Dalam rangka
menjalankan dan mengembangkan bisnis. Selain berhubungan dengan
konsumen. Kedai Ngopdoel menjalin sebuah hubungan berupa Relasi dengan Partner
seperti Pemasok, Pengguna, mitra kerja dan regulator. Dalam enterprise ini
kedai Ngopdoel belum memiliki partner.
3.18 Kolaborasi Internal Bisnis
Untuk kolaborasi internal kemungkinan ada, dimana
divisi-divisi tertentu seperti divisi pengadaan bahan baku bekerja sama dengan
divisi produksi untuk mengelola bahan baku yang diubah menjadi produk, lalu
divisi produksi dengan divisi pemasaran dimana produk yang ada dipasarkan agar
laku di masyarakat.
BAGIAN IV
INFORMASI KEGIATAN BISNIS
4.1 Identifikasi
Informasi
Bisnis ngopi doeloe memberikan beberapa informasi
yang bisa diketahui oleh konsumen dimana dari informasi ini konsumen dapat
mengetahui apa saja yang dilakukan oleh bisnis ngopi doeloe. Informasi yang
dapat diketahui oleh konsumen antara lain berbagai macam menu yang ditawarkan
di ngopi doeloe dimana menu yang terdiri dari makanan dan minuman yang dikemas
secara unik dari segi nama makanan dan minuman yang ditujukan untuk menarik
minat orang yang berkunjung maupun yang baru mendengarnya. Kemudian menu baru
yang ada di ngopi doeloe yang selalu ditawarkan dalam rentang waktu tertentu
atau dalam moment tertentu yang bertujuan untuk menambah minat pengunjung yang
datang. Lalu informasi cabang dari ngopi doeloe yang saat ini tidak hanya ada
di satu kota saja, namun ada di beberapa tempat di kota lain yang bertujuan
untuk mempermudah akses untuk mengunjungi kedai ngopi doeloe. Selanjutnya yaitu
fasilitas di ngopi doeloe sendiri yang tidak hanya menawarkan makanan dan
minuman saja namun menawarkan hal lain yang tak kalah bagus, yaitu fasilitas
hiburan berupa musik live accoustic untuk menambah kenyamanan dari suasana yang
ada, sofa yang nyaman, free hotspot yang dimana tujuannya untuk menambah
kenyamanan dan membuat betah pengunjung dan ingin berlama-lama disana.
Disediakan pula informasi apabila pengunjung ingin
menyampaikan kritik dan saran mengenai ngopi doeloe dimana pihak ngopi doeloe
menyediakan fitur call us yang terhubung dengan kantor pusat di salah satu
tempat di kota Bandung. Untuk informasi di dalam kedai Ngopi Doeloe sendiri
yaitu informasi mengenai bahan baku yang masih tersedia dan bahan baku yang
harus dibeli sesuai kebutuhannya sehingga tidak mengalami kekurangan bahan baku
saat pembuatan makanan dan minuman yang ada di menu serta makanan dan minuman
yang menjadi menu baru di ngopi doeloe.
BAGIAN V
DATA
CLASS
5.1 Daftar Kebutuhan Data
Pada bagian ini
dijelaskan data apa saja yang ada di dalam proses bisnis, functional area pada enterprise Ngopdoel.
Berkut ini daftar kebutuhan data :
Proses Bisnis
|
Functional Area
|
Nama Data
|
Informasi
|
Mengembangkan
produk
|
Produksi
|
- Daftar
kebutuhan makanan dan minuman
- Daftar
kebutuhan peralatan pembuatan produk
- Bukti
pengadaan bahan baku
- Daftar
empat mebelina bahan baku
|
- Laporan
kebutuhan
- Laporan
tempat pembelian bahan baku
|
Pembuatan
daftar kebutuhan bahan baku
|
Produksi
|
- Daftar
kebutuhan bahan baku
- Daftar
biaya bahan baku
|
Laporan
kebutuhan bahan baku
|
Penetapan
kebutuhan bahan baaku
|
Produksi
|
- Daftar
kebutuhan bahan baku
- Daftar
rekapitulasi biaya bahan baku
|
Laporan
kebutuhan bahan baku
|
Menetapkan
minat konsumen
|
Pemasaran
|
- Daftar
produk
- Rincian
informasi produk
- Daftar
produk yang paling diminati
- Daftar
kritik konsumen
- Daftar
saran konsumen
|
- Laporan produk yang diminati
- Laporan
testimoni konsumen
|
Mengidentifikasi
persaingan pasar
|
Pemasaran
|
- Daftar
pesaing pasar
- Daftar
produk pesaing
|
- Laporan pesaing pasar
- Laporn
produk pesaing
|
Membuat
inovasi pemasaran
|
Pemasaran
|
- Media
pemasaran
- Daftar
kritik konsumen
- Daftar
saran konsumen
|
Laporan
inovasi pemasaran
|
Pembayaran
pajak
|
Keuangan
|
- Harga
produk
- Daftar
pajak produk
|
Laporan
pajak produk
|
Proses Bisnis
|
Functional Area
|
Nama Data
|
|
Menginvestikan
keuangan
|
Keuangan
|
-
Rincian hasil pendapat
-
Rincian total biaya pengeluaran
|
-
Laporan hasil pendapatan
-
Laporan biaya pengeluaran
|
Pendanaan
operasional
|
Keuangan
|
-
Daftar kebutuhan perusahaan
-
Rincian biaya operasional
|
Laporan
kebutuhan operasional kebutuhan
|
Menetukan
persyaratan perekrutan
|
Sumberdaya
manusia
|
-
Daftar persyaratan
-
Daftar hasil penetapan persyaratan
|
Laporan
hasil persyaratan
|
Merekrut orang
|
Sumberdaya
manusia
|
-
Daftar calon karyawan
-
Daftar calon karyawan sesuai dengan
kriteria
|
Laporan
calon karyawan
|
Mengadakan
pelatihan karyawan baru
|
Sumberdaya
manusia
|
-
Daftar karyawan baru
-
Materi pelatihan
|
Laporan
pelatihan karyawan
|
Pembayaran karyawan
|
Sumberdaya
manusia
|
-
Daftar total karyawan
-
Daftar rekap gaji Karyawan perbulan
|
Laporan
gaji karyawan
|
5.2 Pengklasifikasian Data
Pada
bagian akan menjelaskan mengenai klasifikasi dari data-data yang ada di setiap
proses bisnis menjadi class data.
Nama Class Data
|
Data yang Terkait
|
Produk
|
- Harga
produk
- Daftar
produk
- Daftar
pajak produk
- Rincian
informasi produk
- Daftar
produk yang paling diminati
- Daftar
produk pesaing
|
Kebutuhan
|
- Daftar
kebutuhan makanan dan minuman
- Daftar
kebutuhan peralatan pembuatan produk
- Daftar
kebutuhan bahan baku
- Daftar
kebutuhan perusahaan
|
Keuangan
|
- Daftar
rekaitulasi biaya bahan baku
- Daftar
rekap gaji karyawan perbulan
- Rincian
biaya operasional
- Harga
produk
|
Konsumen
|
- Daftar
saran konsumen
- Daftar
kritik konsumen
|
Karyawan
|
- Daftar
calon karyawan
- Daftar
calon karyawan sesuai dengan kriteria
- Daftar
total karyawan
- Daftar
karyawan baru
- Daftar
persyaratan
- Daftar
hasil penetapan persyaratan
|
Pemasaran
|
- Daftar
pesaing pasar
- Daftar
produk pesaing
- Media
pemasaran
|
5.3 Matrix Data Class
Pada bagian ini
akan dijelaskan mengenai matrix data class yaitu keterkaitan antara data class
yang sudah di klasifikasikan dari data perproses bisnis dengan proses yang ada
Tahap terakhir yaitu dihasilkan matrik data kelas proses bisnis. Dimana data-data tersebut harus ada pada proses bisnins masing-masing.
How to make money on esports betting sites - WorkPaperMoney
BalasHapusUnderstanding the odds, 샌즈카지노 how much does it cost to win, and งานออนไลน์ what 메리트 카지노 주소 esports betting sites and sites offer the best betting tips.